10 Cara Hidup Sehat

hidup sehat

10 Cara Hidup Sehat – Kesehatan adalah harta yang tak ternilai harganya. Oleh karena itu untuk tetap sehat orang rela melakukan apa saja. Segala cara yang dilakukan baik yang bernilai medis maupun non medis, dari yang logis hingga yang bernuansa supernatural adalah beragam usaha yang dilakukan oleh banyak orang dari berbagai kalangan untuk senantiasa sehat atau mendapatkan kembali kesehatannya.

Tak jarang cara yang dilakukan menghabiskan banyak biaya dan bahkan juga tidak jarang menabrak aneka norma dan logika. Tetapi sebenarnya menjaga diri untuk tetap sehat tidaklah sulit, bahkan juga kadangkala tidak memerlukan biaya sama sekali.

Tetapi tentunya butuh ekstra kesabaran dan ketelatenan yang hanya sedikit orang bisa untuk tetap konsisten menjalani. Berikut kami sajikan 5 cara hidup sehat selama pandemi dan 25 cara hidup sehat seha-hari yang dapat Anda jadikan rujukan untuk tetap sehat dan senantiasa bahagia dalam menjalani hidup. Berikut paparannya untuk Anda.

sehat

5 Cara Hidup Sehat selama Pandemi

Selama pandemi, tentu saja ada beberapa gaya hidup dan cara beraktivitas yang berubah bahkan dihilangkan untuk sementara waktu sampai pandemi benar-benar selesai.

Contohnya adalah dengan membatasi beraktivitas keluar rumah, mulai dari berbelanja, olahraga, bekerja sampai sekolah. Pembatasan aktivitas di luar rumah ini lah yang bisa membuat orang menjadi lebih malas bergerak dan ahirnya membuat tubuh menjadi lebih lemah, bahkan bisa menurunkan imun tubuh.

Menurunnya kondisi kesehatan memang tidak baik, tapi semakin berbahaya lagi mengingat saat ini kita masih di musim pandemi. Dimana lemahnya sistem imun tubuh bisa melebarkan kesempatan kita untuk tertular virus dan penyakit lainnya.

Nah, berikut 5 cara menjaga kesehatan selama musim pandemi ini, baik untuk Anda yang masih harus keluar rumah atau sedang bekerja dari rumah:

 

1. Olahraga Ringan di Dalam Rumah
Baik yang sedang bekerja dari rumah dan masih harus keluar rumah pastikan untuk tetap menerapkan rutinitas olahraga ringan setidaknya 15-30 menit setiap harinya. Tapi jangan lupa untuk melakukannya di dalam rumah saja yah demi menghindari risiko tertular.

 

2. Memperbanyakan Mengonsumsi Makanan yang Mengandung Vitamin
Vitamin adalah hal yang paling penting untuk meningkatkan dan memperkuat imun tubuh. Sayuran dan buah-buahan adalah jenis makanan yang paling banyak memiliki kandungan vitamin. Tapi, selain memperbanyak konsumsi sayur dan buah jangan lupa juga yah mengonsumsi multivitamin untuk memaksimalkan kondisi tubuh.

 

3. Memiliki Hobi yang Bisa Dilakukan di Dalam Ruangan
Terkadang tidur, makan dan bekerja saja tidak bisa mengobati rasa bosan sampai stress karena terlalu lama di dalam rumah. Biar pikiran tidak semakin suntuk cobalah untuk mencari beberapa hobi yang bisa dinikmati walau di dalam ruangan sekalipun. Dengan memiliki aktivitas lain yang disenangi, pikiran kamu bisa tetap segar dan jauh dari risiko stress yang bisa menurunkan imun tubuh.

 

4. Seimbangkan Kehidupan Pribadi dan Pekerjaan
Risiko yang paling sering menghampiri mereka yang bekerja dari rumah adalah memisahkan dan menyeimbangkan antara kehidupan pribadi dan pekerjaan. Untuk mengatasi hal ini, buatlah time table yang bisa dijadikan panduan agar Anda bisa secara teratur dalam mengatur waktu istirahat, pribadi dan pekerjaan lebih rapih dan seimbang.

 

5. Menjaga Silahturahmi dengan Teman dan Keluarga
Harus beraktivitas di dalam rumah terkadang membuat kita menjadi sulit bergaul dan bersosialisasi. Dengan kurangnya waktu kita berinteraksi dengan teman dan keluarga bisa juga menimbulkan rasa penat dan stress. Untuk itu walaupun hanya sebentar saja dalam sehari usahakan untuk tetap menjaga hubungan terutama komunikasi yang baik dengan teman-teman mu, termasuk teman kantor dan tentunya keluarga bagi kamu yang sedang merantau.

 

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

 

1. Perbanyak Konsumsi Air Putih

Tahukah Anda bahwa sebagian besar dari kita sebenarnya seringkali kurang minum cukup air setiap hari? Ini tentu hal yang tidak baik sebab seperti kita ketahui air sangat penting bagi tubuh kita. Ini karena kita kehilangan air setiap hari melalui urine, buang air besar, keringat dan pernapasan, sehingga kita perlu mengisi asupan air kita.

Sebuah penelitian menunjukkan jumlah air yang kita butuhkan adalah tergantung pada berbagai faktor. Seperti kondisi iklim dan cuaca, aktivitas fisik yang kita lakukan, dan berat badan, tetapi umumnya kita perlu 2,7-3,7 liter asupan air.

Jika muncul tanda-tanda seperti misalnya; urine Anda berwarna atau agak kuning, bibir kering, mulut kering dan sedikit buang air kecil. Segeralah minum air karena itu tanda-tanda yang muncul karena tubuh Anda mulai kekurangan cairan.

 

2. Tidur dan Beristirahatlah yang Cukup
Tidur dan istirahat yang cukup adalah salah satu kunci dari kebiasaan hidup yang sehat. Ini sangat beralasan sebab tubuh sangat membutuhkan istirahat untuk dapat beraktifitas kembali dengan maksimal. Tetapi bila Anda tidak beristirahat dengan baik, Anda bisa mengkompensasi dengan makan lebih banyak, tetapi ini sangat tidak direkomendasikan oleh para ahli kesehatan. Cukup istirahat dan tidur juga mencegah penuaan dini.

 

3. Meditasi
Meditasi menenangkan pikiran dan menenangkan jiwa Anda. Ketenangan sendiri sangat bermanfaat untuk kesehatan karena dapat menjauhkan kita dari stress yang menjadi sumber dari banyak penyakit dan gangguan kesehatan.

 

4. Berolahraga Teratur
Penelitian telah menunjukkan bahwa berolahraga setiap hari membawa manfaat luar biasa bagi kesehatan kita, termasuk peningkatan rentang hidup, menurunkan risiko penyakit, kepadatan tulang yang lebih tinggi dan penurunan berat badan. Jika Anda tidak punya waktu untuk berolahraga atau pergi ke pusat kebugaran, berjalan kaki atau aktifitas sehari-hari seperti memilih untuk naik tangga dan buka lift akan menjadi aktifitas pengganti olahraga yang mudah dan murah.

Baca Juga : Makanan Sehat yang Memiliki Dampak Buruk Bagi Tubuh

 

5. Lakukan Olahraga Sebagai Bagian dari Kesenangan

Ketika Anda menikmati olahraga, Anda akan secara alami ingin melakukannya. Sebab olahraga yang terpaksa akan menimbulkan penderitaan yang alih-alih menyebabkan Anda ingin terus melakukannya tetapi malah menjadikan Anda malas. Jadi pilih olahraga yang Anda senangi dan lakukanlah rutin.

 

6. Berolahragalah seperti Bermain
Latihan kardio saja seperti misalnya jogging akan membuat Anda penat dan bosan. Berikan tubuh Anda lebih banyak olahraga yang menyenangkan dan berkelompok, seperti misalnya basket, sepak bola, renang, tenis, badminton atau voli dan masih banyak yang lain. Ini akan menyenangkan karena Anda sekaligus juga dapat bersosialisasi dengan orang lain sembari melakukan aktivitas yang sehat.

 

7. Makan Lebih Banyak Buah
Makanlah lebih banyak buah dan kurangi vitamin sintetis. Ada banyak jenis buah yang dapat Anda konsumsi yang selain menyehatkan juga rasanya dijamin enak.

 

8. Makan Lebih Banyak Sayuran
Seperti halnya buah-buahan, sayuran penting untuk kesehatan kita. Para ahli menyarankan bahwa kita setidaknya harus mengkonsumsi 5-9 porsi buah-buahan / sayuran, setiap harinya. Kabar buruknya adalah kebanyakan orang kurang menyenangi untuk mengkonsumsi sayuran, dan ini tentu adalah hal yang tidak baik untuk kesehatan kita.

 

9. Pilih Makanan Berwarna Cerah sebagai Antioksidan
Buah-buahan dan sayuran dengan warna-warna cerah biasanya tinggi dalam anti-oksidan. Anti-oksidan sangat diperlukan oleh tubuh karena mereka menghilangkan dan menangkal radikal bebas dalam tubuh kita yang bisa merusak sel-sel tubuh kita.

Jadi mungkin Anda perlu untuk mulai mengkonsumsi sayur dan buah dengan warna-warna yang berbeda, seperti misalnya; putih (Pisang, jamur), Kuning(Nanas, Mangga), Oranye (Jeruk, Pepaya), Merah(Aple, Stroberi, Tomat, Semangka), Hijau (Jambu, Alpukat, mentimun, Selada, Seledri), Ungu/Biru (Buah Berry, Terong, Buah Plum). Diet Warna ini juga baik untuk menjaga diet yang menyehatkan serta membentuk tubuh ideal.

 

10. Kurangi Makanan Olahan dan Makanan dalam Kaleng

Makanan olahan atau kalengan sebaiknya Anda hindari karena berbagai alasan seperti misalnya; nilai gizi yang sering tidak sempurna, adanya pengawet yang ditambahkan yang dapat berdampak buruk bagi kesehatan, jika dikonsumsi terus menerus dan dalam jangka waktu panjang. Bahkan juga penambahan garam yang harus Anda pertimbangkan sebelum mengkonsumsi makanan olahan atau kalengan terlalu sering.

 

Nah itu dia cara-cara hidup sehat, selamat mencoba dan semoga artikel ini membantu