Tips Sehat Di Usia Muda

Tips-Sehat-Di-Usia-Muda

stukhealth.net – Sebagai generasi muda, kamu tentu punya banyak impian yang ingin dicapai. Misalnya, ingin pergi ke suatu tempat, membangun sebuah bisnis, atau memiliki karir yang gemilang. Untuk mencapainya, tentu saja menjaga kesehatan sejak usia muda menjadi modal awal yang perlu kamu miliki.

 

Alasan penting menjaga kesehatan di usia muda

Menjaga kesehatan di usia muda merupakan investasi sederhana. Ya, tak mesti berbentuk uang, investasi juga bisa dimulai dari tubuh kita sendiri. Jika tubuhmu sehat, kamu akan punya banyak waktu untuk membangun mimpimu.

Mudah saja menjaga kesehatan sejak muda, misalnya dengan terus melakukan aktivitas fisik atau berolahraga rutin setiap harinya. Tidak cuma meminimalkan risiko penyakit, olahraga juga berkontribusi terhadap kesehatan mental lho.

Saat tubuh aktif secara fisik, tubuh melepaskan hormon endorfin yang menurunkan kortisol, si hormon stres. Kualitas tidurmu juga akan lebih baik sehingga mood juga jadi lebih baik. Kmau juga bisa fokus pada hal yang sedang dikerjakan saat ini.

 

Tips mudah menjaga kesehatan di usia muda

Tak perlu menunggu angka usia semakin banyak untuk menjaga kesehatan tubuh. Mulailah memperhatikan dan menjaga kesehatan tubuhmu sejak usia muda. Nah, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mewujudkannya.

 

1. Memiliki pikiran positif.

Kesehatan mental tentu berpengaruh pada kesehatan tubuhmu secara keseluruhan. Nah, salah satu cara menjaga kesehatan mental di usia muda adlah dengan selalu berpikir positif.

Berpikir positif saat menghadapi persoalan dapat membuat kamu jadi lebih optimis dan terhindar dari stres. Berpikir positif juga bisa meningkatkan kepercayaan dirimu ke depannya.

 

Baca Juga : Saran Sehat Di Usia Lansia

 

2. Pergi ke gym

Motivasi untuk konsisten berolahraga biasanya akan muncul setelah kamu mendaftarkan diri jadi member salah satu gym. Olahraga bersama dengan orang lain mungkin akan membantumu untuk lebih fokus dan termotivasi.

Ada banyak pilihan latihan fisik yang ada di gym, mulai dari treadmill, rowing machine, cable machine, squat rack, maupun pek deck machine. Semuanya itu pastinya baik bagi kesehatan jantung, otot, dan kesehatan tubuh secara menyeluruh.

 

3. Menyewa personal trainer

Jika kamu berencana melakukan latihan fisik secara rutin untuk menjaga kesehatan di usia muda, salah satu opsi terbaik adalah menyewa personal trainer.

Ada kalanya kita bingung harus memulai latihan dari mana. Nah, dengan menyewa personal trainer kamu bisa lebih fokus saat berolahraga.

Tak hanya mendampingi dan mengawasi, personal trainer akan merencanakan program latihan fisik mulai dari kardio, latihan beban, maupun fleksibilitas. Kamu pun akan jadi lebih bugar dan kesehatan tubuh tentunya terjaga.

 

4. Rutin melakukan pemeriksaan kesehatan

Melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala merupakan langkah penting untuk menjaga kesehatan di usia muda. Kamu bisa mengetahui seperti apa kondisi tubuhmu dan faktor risiko penyakit yang mengintai sedini mungkin.

Penyakit seperti gangguan jantung, diabetes, dan beberapa jenis kanker dapat lebih mudah ditangani bila diketahui sejak awal. Pengobatan sednini mungkin perlu dilakukan untuk menghindari penyebaran penyakit yang bisa berdampak buruk ke depannya.

 

5. Relaksasi untuk menjaga kesehatan mental

Seperti yang telah disebutkan, menjaga kesehatan mental di usia muda tak kalah penting lho. Olahraga memang dapat memproduksi hormon endorfin yang mampu mengurangi stres dan memperbaiki mood. Hal ini tentu baik untuk mental kamu.

Namun, menambahkan meditasi dalam daftar untuk menjaga kesehatan mental juga bermanfaat. Di samping itu, meditasi juga bisa membuatmu mampu mengendalikan emosi dengan lebih baik. Melalui meditasi, kamu diajak menyadari apa yang terjadi dalam dirimu dan belajar untuk lebih tenang dalam menjalani kehidupan.